Pengertian
New
Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media
yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru.
Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan
distribusinya serta terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi
komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke
dalam jaringan.
New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup
kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi
di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai
“media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat
dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak.
Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, komputer multimedia,
permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.
Vin
Crosbie (2002) dalam karyanya What is new media? menjelaskan ada tiga media
komunikasi. Pertama media interpersonal yang disebut one to one. Media ini
memungkinkan seseorang saling komunikasi atau tukar informasi dengan seseorang
lainnya. Kedua dikenal sebagai mass media. Media ini digunakan sebagai sarana
menyebarluaskan informasi dari satu orang ke banyak orang (one to many). Media
komunikasi terakhir disebut new media. Media ini merupakan percepatan sekaligus
penyempurnaan dari dua media sebelumnya. Lebih jauh media ini digunakan untuk
mengkomunikasi ide maupun informasi dari banyak orang ke banyak orang lainnya
(many to many).
Berbeda
dengan media konvensional seperti koran atau majalah, new media bersifat real
time, sehingga dapat menyajikan informasi up to date atau terkini. New media
juga dianggap lebih demokratis dan independen baik dalam pembuatan, penerbitan,
distribusi, maupun dalam hal konsumsi konten yang tersedia. Media ini relatif
lebih “merdeka” dalam menyam-paikan informasi karena tidak terkungkung oleh
kekuasaan dan kepentingan penguasa (baik pemerintah maupun pemegang modal).
Begitu juga pembaca bebas menikmati konten yang disediakan dengan privasi
tinggi.
Karena
bentuk datanya digital, new media mendukung pencarian data dan informasi lebih
cepat dan mudah. Tidak seperti media konv-ensional yang meng-harus-kan kita
menggunakan teknik pengarsipan yang rumit. Dengan search engine pada new media
kita dapat menemukan informasi apapun walau hanya menggunakan satu kata kunci.
Komponen
Dalam new media terdiri
dari tiga buah, yaitu:
- Produsen -> Yaitu sebagai pembuat new media itu sendiri. Produsen disini membuat New Media berdasarkan kebutuhan yang sedang berkembang dalam masyarakat saat ini.
- Distributor -> Yaitu sebagai penyalur New Media dari pihak produsen ke pihak konsumen.
- Konsumen -> Yaitu sebagai pemakai New Media yang telah jadi dan siap untuk berguna bagi masyarakat. Konsumen inilah yang akan menilai apakah New Media tersebut akan cocok dengan kebutuhan saat ini atau tidak.
Pengaplikasian
Implementasi dari New Media yang ada
pada saat ini sudah sangat banyak dan semakin kompleks. Tak hanya untuk sekedar
pertukaran informasi. New Media juga dimanfaatkan sebagai media hiburan, media
sharing juga media sosialisai. Beberapa contoh dari aplikasi New Media akan di
jelaskan dalam blog ini. Berikut contoh dari implementasi New Media yang
ada pada saat ini yaitu :
- Blog, merupakan suatu aplikasi web yang berisikan tulisan - tulisan yang di publish pada sebuah halaman umum. Biasanya blog berisikan konten – konten seperti teks, gambar, video, ataupun link. Isi dari blog itu sendiri biasanya memiliki sudut pandang tertentu yang menjadikan isi dari blog khas.
- Smilebox, merupakan suatu layanan ataupun aplikasi yang sangat unik yang dapat digunakan untuk membuat scrapbook, egreetings, maupun slide show menggunakan foto – foto yang kita miliki. Layanan ini memberikan keleluasaan dalam berkreativitas untuk berbagi cerita kepada keluarga ataupun teman dengan foto – foto atau video yang lita miliki.
- Facebook, Siapa sih yang kenal dengan nama ini? Ya, hampir semua orang sekarang memiliki akun Facebook, mulai dari anak anak sampai orang dewasa berlomba lomba memperluas jaringan sosial mereka dengan menggunakan salah satu jenis new media ini. Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg.Fitur fitur yang disediakan oleh Facebook cukup lengkap jika dibandingkan dengan social networking yang lain, fitur yang disediakan antara lain notes, wall, photos, aplikasi itunes, video, causes, dll, juga masih banyak aplikasi games, ataupun sejenisnya yang bisa digunakan melalui Facebook ini.
- YouTube, adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal,:Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.
Masih
banyak lagi pengaplikasiannya dari New Media, diantaranya Twitter, Wikipedia,
E-Report, Games Online, dan lain sebagainya.
referensi
referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar